Tak Ada "Park and Ride", Rancangan Stasiun MRT Dinilai Belum
Ideal
Kamis, 12 November 2015 |
08:55 WIB
Stanly/OtomaniaProyek MRT berhenti saat Lebaran,
Jakarta lebih hening
JAKARTA, KOMPAS.com -
Rancangan stasiun-stasiun mass rapit transit (MRT) yang ada saat ini dinilai
belum ideal. Sebab, di lokasi stasiun tidak terdapat fasilitas "park and
ride".
"Sampai saat ini kami tidak melihat ada desain park and ride di stasiun-stasiun MRT, LRT juga sama. Jangan sampai nanti setelah beroperasi, ada problem baru," kata Kepala Unit Pengelola (UP) Perparkiran Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Sunardi Sinaga di Balai Kota, Kamis (12/11/2015).
Problem baru yang dimaksud Sunardi adalah tidak bisanya calon pengguna MRT memarkirkan kendaraan pribadinya di stasiun.
Padahal, kata dia, fasilitas "park and ride" memegang peranan penting dalam upaya mengubah kebiasaan warga dari menggunakan kendaraan pribadi ke transportasi umum.
"Mereka yang bawa kendaraan dari rumah kan butuh tempat untuk meninggalkan kendaraannya," ujar Suhardi.
Oleh karena itu, Sunardi mengatakan, instansinya telah meminta PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta merancang fasilitas tersebut.
Layanan MRT Jakarta ditargetkan sudah dapat beroperasi pada 2018. Untuk tahap awal, rute yang dilalui adalah dari Lebak Bulus-Bundaran HI.
"Sampai saat ini kami tidak melihat ada desain park and ride di stasiun-stasiun MRT, LRT juga sama. Jangan sampai nanti setelah beroperasi, ada problem baru," kata Kepala Unit Pengelola (UP) Perparkiran Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta Sunardi Sinaga di Balai Kota, Kamis (12/11/2015).
Problem baru yang dimaksud Sunardi adalah tidak bisanya calon pengguna MRT memarkirkan kendaraan pribadinya di stasiun.
Padahal, kata dia, fasilitas "park and ride" memegang peranan penting dalam upaya mengubah kebiasaan warga dari menggunakan kendaraan pribadi ke transportasi umum.
"Mereka yang bawa kendaraan dari rumah kan butuh tempat untuk meninggalkan kendaraannya," ujar Suhardi.
Oleh karena itu, Sunardi mengatakan, instansinya telah meminta PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta merancang fasilitas tersebut.
Layanan MRT Jakarta ditargetkan sudah dapat beroperasi pada 2018. Untuk tahap awal, rute yang dilalui adalah dari Lebak Bulus-Bundaran HI.
Ikuti
perkembangan berita ini dalam topik:
Penulis
|
: Alsadad Rudi
|
Editor
|
: Ana Shofiana Syatiri
|
KESIMPULANNYA
Artikel diatas menggunakan paragraf Deduktif karena
kalimat utamanya terletak pada awal kalimat. Pada paragraf pertama dijelaskan, “Rancangan stasiun-stasiun mass rapit
transit (MRT) yang ada saat ini dinilai belum ideal. Sebab, di lokasi stasiun
tidak terdapat fasilitas "park and ride". Dengan ini paragraf
pertama adalah Gagasan Utama dalam artikel tersebut. Dan paragraf berikutnya
merupakan kalimat Pendukung atau kalimat Penjelas serta kalimat Sebab-Akibat.
Ø
Kalimat
"Sampai saat ini kami
tidak melihat ada desain park and
ride di stasiun-stasiun MRT, LRT juga sama. Jangan sampai nanti
setelah beroperasi, ada problem baru," kata Kepala Unit Pengelola
(UP) Perparkiran Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta
Sunardi Sinaga di Balai Kota, Kamis (12/11/2015).” Merupakan
kalimat Penjelas dalam artikel tersebut.
Ø
Kalimat Problem baru yang dimaksud Sunardi adalah tidak
bisanya calon pengguna MRT memarkirkan kendaraan pribadinya di stasiun.” “Padahal,
kata dia, fasilitas "park and ride" memegang peranan penting dalam
upaya mengubah kebiasaan warga dari menggunakan kendaraan pribadi ke
transportasi umum.“ Merupakan
kalimat Sebab-Akibat dalam artikel tersebut.
Ø
Kalimat “Mereka yang bawa kendaraan dari rumah kan butuh
tempat untuk meninggalkan kendaraannya," ujar Suhardi.” Merupakan
kalimat Penjelas dalam artiket tersebut.
Ø
Kalimat “Oleh karena itu, Sunardi
mengatakan, instansinya telah meminta PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta
merancang fasilitas tersebut.” Merupakan kalimat Penjelas dalam artikel
tersebut.
Ø
Kalimat “Layanan MRT Jakarta ditargetkan sudah dapat
beroperasi pada 2018. Untuk tahap awal, rute yang dilalui adalah dari Lebak
Bulus-Bundaran HI.” Merupakan
kalimat Penjelas dalam artikel tersebut.
Daftar pustaka
http://megapolitan.kompas.com/read/2015/11/12/08550681/Tak.Ada.Park.and.Ride.Rancangan.Stasiun.MRT.Dinilai.Belum.Ideal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar