Pemeriksaan Akuntansi Lanjut
NAMA : Marpon Prakasa Gurning
NPM : 25213307 (Ganjil)
KELAS :
4EB10
PERTANYAAN
KAJI ULANG
1. Perbedaan antara Profesional sistem, Pengguna akhir
dengan Pemegang Kepentingan.
a) Profesional Sistem adalah analis, teknisi sistem,
dan programmer. Mereka yang akan benar-benar membangun sistem, mengumpulkan
fakta atas masalah yang ada pada sistem, menganalisis data tersebut, lalu
merumuskan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.
b) Pengguna Akhir alah pihak untuk siapa sistem
dibangun. Para pengguna tersebut meliputi para manajer, personel operasional,
akuntan, dan auditor Internal.
c) Pemegang Kepentingan adalah orang-orang di dalam
atau di luar perusahaan yang memiliki kepentingan atsa sistem terkait akan
tetapi bukan merupakan pengguna akhir sistem.
3. Apakah saja tiga masalah yang menyebabkan kegagalan
sistem ?
a. Kurangnya penyesuaian pengembangan sistem
b. Pengembangan sistem yg tidak dapat dipelihara
c. Adanya kerusakan dan kesalahan rancangan
5. Siapa yang harus masuk dalam Komite Pengarah ? Apa
saja tanggung jawab komite pengarah tersebut ?
Meliputi
CEO, direktur keuangan, direktur informasi, pihak manajemen senior dari
berbagai area pengguna, auditor internal, dan pihak manajemen senior dari
layanan komputer. Pihak-pihak eksternal , seperti konsultan manajemen dan
auditor eksternal perusahaan, juga dapat melengkapi komite ini.
Tanggung
Jawab komite pengarah :
·
Mengatasi
berbagai konflik yang timbul dari sistem baru
·
Mengkaji
berbagai proyek dan menetapkan prioritas
·
Menganggarkan
dana untuk pengembangan sistem
·
Mengkaji
status tiap proyek yang sedang berjalan
·
Menentukan
melalui berbagai titik pemeriksaan di seluruh SDLC apakah akan melanjutkan
proyek atau menghentikannya
7. Apa yang dimaksud dengan perencanaan strategis dan
mengapa harus dilakukan ?
Perencanaan strategis adalah menghubungkan berbagai
proyek sistem atau aplikasi dengan tujuan strategis perusahaan. Dan perencanaan
strategis haruslah dilakukan sebagai dasae untuk perencanaan sistem seperti
rencana bisnis perusahaan, yang mengspesifikasikan ke mana perusahaan
rencananya akan menuju dan bagaimana cara perusahaan untuk mencapai ke tujuan
itu.
9. Apa yang dimaksud dengan pendekatan desain
berorientasi objek (object-oriented design – OOD) ?
Desain berorientasi objek merupakan dalah satu
metode dalam tahap siklum hidup pengembangan sistem pada tahap ke tiga yaitu
Desain Konseptual Sistem. Desain Konseptual Sistem memiliki 2 pendekatan yaitu
pendekatan terstruktur dan pendekatan desain berorientasi objek. Pendekatan
desain berorientasi objek yaitu teknik mengembangkan sistem dari bawah ke atas
melalui perakitan berbagai modul yang dapat digunakan kembali, bukan membuat
sistem dari awal.
11. Apa saja teknik utama dalam mengumpulan fakta ?
Teknik-teknik yang biasa digunakan meliputi observasi,
melibatkan diri dalam pekerjaan, wawancara personal
serta mengkaji berbagai dokumen penting.
13. Bedakan antara sumber data, penyimpanan data,
dengan aliran data.
·
Sumber
data
Meliputi berbagai entitas eksternal, seperti
pelanggan atau vendor, serta sumber-sumber internal dari berbagai departemen
lainnya.
·
Penyimpanan
data
Penyimpanan data berbentuk file, basis data, akun,
dan berbagai dokumen sumber yang digunakan dalam sistem.
·
Aliran
data
Aliran data diwakili oleh perpindahan
berbagai dokumen dan laporan antarsumber data, penyimpanan data, pekerjaan
pemrosesan dan pengguna.
15. Apa tujuan dari analisis sistem, dan apa jenis
informasi yang harus dimasukkan ke dalam laporan analisis sistem ?
Tujuan dari analisis sistem adalah mengidentifikasi
dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan dan hambatan yang terjadi serta
kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan. Hasil dari tahap
analisis sistem adalah laporan analisis formal, yang menyajikan berbagai temuan
dari analisis dan berbgai rekomedasi untuk perbaikan atau membuat sistem baru.
17. Apa saja dua pendekatan dalam disain konseptual
sistem ?
·
Pendekatan
Terstruktur
Mengembangkan sistem yang baru dari nol serta dari
atas ke bawah.
·
Pendekatan
desain Berorientasi Objek
Mengembangkan sistem dari bawah ke atas melalui
perakitan berbagai modul yang dapat digunakan kembali, bukan membuat sistem dari
awal.
19. Apa yang dimaksud dengan objek, dan apa saja
karakteristik pendekatan berorientasi objek ? Berikan dua contoh.
Objek merupakan adalah lokasi di memori yang
memiliki nilai dan direferensikan oleh pengidentifikasi. Karakteristiknya, mengembangkan
sistem informasi dari berbagai komponen atau objek standar yang dapat digunakan
kembali. Contohnya yaitu proses dalam pembuatan mobil
21. Siapa yang seharusnya dilibatkan dalam kelompok
pengevaluasian independen dalam melakukan studi kelayakan terperinci ?
Yang seharusnya dilibatkan dalam melakukann studi
kelayakan terperinci adalah komiter pengarah dan juga seorang auditor, fokus
utama seorang auditor terletak pada kelayakn ekonomi sistem yang diusulkan
telah diukur seakurat mungkin atau tidak.
23. Klasifikasikan hal-hal berikut ini sebagai biaya
yang timbul sekali atau yang berulang-ulang :
a) Melatih Personel (sekali)
b) Pemrograman dan pengujian awal (sekali)
c) Desain sistem (sekali)
d) Biaya piranti keras (sekali)
e) Biaya pemeliharaan piranti lunak (berulang-ulang)
f) Persiapan lokasi (sekali)
g) Sewa fasilitas (berulang-ulang)
h) Konversi data dari sistem lama ke sistem baru (sekali)
i)
Biaya
asuransi (berulang-ulang)
j)
Instalasi
perlengkapan awal (sekali)
k) Pembaharuan piranti keras (sekali)
25. Diskusikan berbagai kebaikan dari piranti lunak
yang dikembangkan secara internal dengan yang dikembangkan secara komersial.
Kebaikan pengembangan piranti lunak secara internal
yaitu dapat menyesuaikan dengan operasi bisnis perusahaan. Jika dikembangkan
secara komersil piranti lunak yang ditawarkan relatif dengan biaya yang lebih
rendah daripada mengembangkan sistem secara internal.
27. Mengapa data uji harus disimpan setelah digunakan ?
Data uji harus disimpan dengan tujuan
untuk memfasilitasi pengujian di masa yang akan datang sehingga data uji
tersebut dapat di gunakan kembali sebagai bahan pengujian.
29. Dokumen apa saja yang biasanya tidak dibutuhkan
oleh pemegang kepentingan lain akan tetapi dibutuhkan akuntan dan auditor untuk
sistem baru ?
Yaitu dokumen pengguna. Dokumen pengguna adalah
jenis dokumen yang dibutuhkan akuntan dan auditor karena meliputi berbagai hal
seperti memasukan input transaksi, memeriksa saldo akun, memperbaharui akun,
dan membuat laporan output.
PERTANYAAN
DISKUSI
1. Berikan pendapat Anda mengenai pernyataan berikut
ini : “Tahap pemeliharaan dalam SDLC melibatkan perubahan mendasar
yang mengakomodasi perubahan kebutuhan pengguna.”
Jawaban :
Karena
kebutuhan pengguna sistem yang berbeda-beda maka sistem lah yang harusmenyesuaikan
apa yang pengguna butuhkan. Sistem dapat dikatakan gagal apabila tidak dapat
memenuhi kebutuhan pengguna atau menyelesaikan permasalahan pengguna.
3. Apakah rencana strategis yang baik berorientasi
pada perincian ?
Jawaban:
Jawaban:
Tidak, justru dalam rencana strategis harus
menghindari terlalu banyak perincian. Karena pada tahap perencanaan hanya
memungkinkan para spesialis untuk fokus terhadap membuat keputusan berdasarkan
informasi yang memadai dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang relevan,
seperti harga, ukuran kinerja, keamanan, dan pengendalian.
5. Apa tujuan yang diberikan proposal proyek sistem ?
Bagaimana tujuan ini dievaluasi dan dibuat prioritasnya ? Apakah proses
pembuatan prioritas adalah proses yang objektif atau yang subjektif ?
Jawaban :
Tujuan dari
proposal proyek adalah untuk memberikan pihak manajemen dasar untuk memutuskan
apakah akan melanjutkan proyek atau tidak. Terkait masalah melanjutkan atau
tidak proyek tersebut manajemen akan mengevaluasi proposal tersebut
karena proposal tersebut berisi ringkasan-ringkasan mengenai temuan dari
penelitian yang telah dilakuan sebelumnya sehingga menjadi bahan pertimbangan
manajemen dalam pengambilan keputusan.
7. Kurangnya dukungan dari pihak manajemen puncak
mengarah pada kegagalan proyek sistem baru selama tahap implementasi. Mengapa
menurut Anda dukungan dari pihak manajemen begitu penting ?
Jawaban :
Dalam tahap implementasi, struktur basis data akan
dibuat dan diisi dengan data perlengkapan akan dibeli dan diinstal, karyawan
dilatih, sistem didokumentasikan, dan sistem yang baru akan diinstal. Proses
implementasi tersebut melibatkan berbagai usaha dari para desainer, programer,
administrator basis data, pengguna, dan akuntan. Berbagai aktifitas tersebut
membutuhkan biaya yang besar apabilan dari pihak manajemen tidak mendukung
secara penuh maka tahap implementasi tidak bisa dilaksanakan.
9. Bandingkan dan bedakan antara pendekatkan desain
terstruktur dan pendekatan berorientasi objek. Mana menurut Anda yang lebih
menguntungkan ? Mengapa ?
Jawaban :
a) Pendekatan Terstruktur
Mengembangkan
sistem yang baru dari nol serta dari atas ke bawah.
Pendekatan
desain Berorientasi Objek
Mengembangkan sistem dari bawah ke atas melalui
perakitan berbagai modul yang dapat digunakan kembali, bukan membuat sistem
dari awal.
11. Manfaat tidak terwujud biasanya sangat sulit untuk
diukur secara akurat. Beberapa desainer beragumentasi bahwa jika Anda tidak
memperhitungkannya, maka akan dihasilkan perkiraan yang konservatif. Manfaat
lebih apapun akan di terima, tetapi tidak disyaratkan untuk keberhasilan sistem
yang baru. Apa bahayn dari pernyataan ini ?
-
13. Selama prosedur data uji, mengapa pengembangan
harus menguji data yang “buruk” ?
Jawaban :
Jawaban :
Karena data yang buruk merupakan suatu bukti
dokumentasi dalam proses pengembangan sistem dan dari bukti ini dapat di
identifikasi serta di analisis sehingga menjadi bahan pertimbangan pihak
manajemen untuk dalam mencapai tujuan bisnis perusahaan.
15. Buku petunjuk operasi untuk operator komputer
secara teori sama dengan daftar periksa bagi pilot pesawat yang digunakannya
untuk lepas landas dan mendarat. Jelaskan mengapa buku petunjuk ini penting.
Jawaban :
Buku petunjuk sangatlah
penting karena memuat informasi yang sangat penting mengenai peralatan
tersebut, misalkan kita membeli sebuah televisi, maka kita akan mendapatkan
manual yang didalamnya berisi informasi dasar mengenai bagian-bagian dari televisi
dan fungsinya, cara penggunaannya dan fitur-fitur yang terdapat didalamnya,
hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada waktu
pengoperasian, cara perawatan, spesifikasi teknis dan terakhir biasanya berupa
petunjuk apabila terjadi masalah, hal yang sering ditanyakan dan daftar alamat
yang harus dihubungi bila terjadi sesuatu.
17. Diskusikan peran penting melibatkan akuntan dalam
tahap desain terperici dan implementasi. Pekerjaan apa saja yang dilakukan oleh
akuntan ?
Jawaban :
Pada tahap desain terperinci peran akuntan
diperlukan unntuk menjamin mutu dari dokumentasi sistem terbebas dari kesalahan
apapun yang terdeteksi. Kalau pada tahap implementasi Peran seorang akuntan
dalam hal ini peran profesi akuntan publik (auditor) yaitu menyediakan keahlia
teknis, menspesifikasikan standar dokumentasi dan memverifikasi kecukupan
pengendalian.
19. Diskusikan berbagai ukuran kelayakan yang harus
dipertimbangkan. Berikan contoh untuk tiap ukuran tersebut.
Jawaban :
a) Kelayakan hukum : pembuat keputusan harus
memastikan diri bahwa sistem yang diusulkan tidak melanggar batasan hukum yang
ada. Contohnya : suatu sistem diterapkan akan tetapi melanggra privasi serta
kerahasiaan yang disimpan.
b) Kelayakan operasional : menunjukan tingkat
kesesuaian antara prosedur perusahaan yang ada dengan berbagai keahlian serta
kebutuhan operasional yang baru. Contohnya : saat sistem di terapkan kita
melihat dulu apakah sistem ini layak untuk digunakan atau tidak.
c) Kelayakan jadwal :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar